Kompetisi dalam ranah sosial sering kali melibatkan berbagai kapital yang dimiliki (kapital finansial, kapital insani, kapital social, kapital budaya, dan kapital simbolok). Salah satu penggunaan kapital yang penting dalam memenangkan kompetisi yaitu kapital simbolik. Kemampuan dalam keterampilan mengatur simbolik yang digunakan dalam berkompetisi di ranah sosial. Prestise sosial, status sosial…
Tiga kekuatan utama yang mengatur, memengaruhi dan mengubah kehidupan umat manusia adalah negara, pasar, dan civil society. Pasar merupakan institusi ekonomi yang menggerakkan produksi, distribusi, dan konsumsi suatu barang dan jasa. Permintaan dan penawaran merupakan kekuatan pasar yang dapat mengubah kehidupan umat manusia. Ketika bandul permintaan dan penawaran pasar Berfluktuasi kencang, ma…
Sosiologi ekonomi adalah studi penting sebagai salah satu alat di dalam memahami realitas dan fenomena perekonomian. Buku ini tidak sekedar memperkenalkan sebagimana ekonomi dipahami dari perspektif yang non-economic. Tetapi juga mengajak para pemerhati ekonomi, mahsiswa antroplogi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah dan ilmu ekonomi untuk menyadari bahwa persolana ekonomi tidak hanya dapat dise…